Thursday, January 11, 2018

Info Wisata Sejarah: Indahnya Benteng Van Der Wijck Gombong

Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen

Benteng Van Der Wijck adalah salah satu wisata sejarah yang sudah sangat terkenal di Kebumen. Selain bangunanya yang sangat indah dan eksotis, berwisata ke Benteng Van Der Wijck juga juga sangat bagus untuk mengenalkan sejarah kepada anak-anak.

Benteng Van Der Wijck sangat ramai dikunjungi wisatawan baik dihari biasa maupun hari libur, banyak juga sekolah yang mengadakan kunjungan wisata ke objek wisata unggulan Kebumen satu ini.

Nah bagi anda yang mungkin belum terlalu paham tentang objek wisata ini berikut ini kami berikan pembahasan lengkap mulai dari sejarah, fasilitas, tarif, dan tips ketika anda akan berkunjung ke Benteng Van Der Wijck.

Beberapa Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berkunjung Ke Benteng Van Der Wijck 


Dengan mengetahui hal-hal yang akan kami bahas dibawah ini nantinya anda akan lebih tau tentang Benteng Van Der Wijck. Tentu nantinya ketika anda berkunjung anda akan mengerti esensi dan seluk beluk objek wisata ini.

1# Sejarah Dan Informasi Umum


Benteng ini berlokasi di Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen atau sekitar 20 Km sebelah barat dari pusat Kota Kebumen. 

Dulu benteng ini dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda pada abad ke-18. Nama Van Der Wijck sendiri kemungkinan merupakan nama jendral yang berkuasa pada masa itu. Nama Van Der Wijck terpampang di pintu sebelah kanan Benteng.

Luas Benteng ini mencapai 3606,625 meter persegi dengan tinggi bangunan 9,67 m. Bangunan benteng ini berbentuk segi delapan dan terdiri dari dua lantai.

Dengan bangunan seluas ini tentu anda bisa mengeksplor banyak hal di sini sehingga anda tidak akan merasa bosan.

2# Akses Dan Lokau si Menuju Benteng Van Der Wijck 


Benteng Van Der Wijck berlokasi di Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jika dari Yogyakarta berjarak sekitar 100km.

Untuk menuju ke Benteng Van Der Wijck anda tidak akan menemukan medan jalan yang berat karena lokasinya yang tidak terpencil. 

Kami sarankan agar anda menggunakam Google Map untuk bisa sampai ke objek wisata ini, dengan Google Map saya yakin anda tidak akan tersesat karena lokasi Benteng ini sangat mudah ditemukan.

3# Tarif Masuk Dan Jam Operasional 


Hal yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah harga tiket masuk atau tarif untuk masuk ke objek wisata Benteng Van Der Wijck dan juga jam operasionalnya. Dengan mengetahui harga tiket masuk nanti anda bisa memperkirakan berapa budget yang harus dipersiapkan.

Harga tiket masuk ke objek wisata Benteng Van Der Wijck adalah Rp 25.000/orang, murah dan ekonomis bukan? Harga ini berlaku setiap hari, jadi walaupun pada hari libur harga tiket tetap sama.

Untuk jam buka sendiri yaitu pukul 08.00 s/d 17.00, dengan waktu yang cukup lama ini anda bisa mengeksplorasi Benteng Van Der Wijck sepuas anda.

4# Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Di Benteng Van Der Wijck 


Lalu apa saja yang bisa anda lakukan di objek wisata unggulan Kebumen ini?

Bagi anda yang hobi fotografi tempat ini tentu menyajikan banyak sekali spot foto yang sangat bagus. Bangunan yang masih terjaga keaslianya dan arsitekturnya yang menakjubkan tentu bisa memuaskan anda.

Selain itu pengunjung juga akan belajar sejarah di tempat ini dan mengenang para pahlawan. Di Benteng Van Der Wijck juga ada deretan foto para pemimpin Kabupaten Kebumen dari awal terbentuk hingga saat ini.

Selain wisata sejarah di Benteng Van Der Wijck juga terdapat berbagai fasilitas hiburan yang akan memanjakan pengunjung.

Nah bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke Benteng Van Der Wijck?  kami pastikam anda tidak akan menyesal.

Tapi ingat selalu jaga lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan dan jangan lakukan kegiatan vandalisme.

Selamat berlibur!!




0 comments

Post a Comment